Teknologi Semi Automated Offside Pertama Kali Digunakan di Piala Dunia Qatar 2022

- Selasa, 22 November 2022 | 15:01 WIB
Teknologi baru sedang mengamati pergerakan ofisial pertandingan video. (Foto: Fifa.com)
Teknologi baru sedang mengamati pergerakan ofisial pertandingan video. (Foto: Fifa.com)


MojokertoNetwork.com - FIFA telah mengumumkan bahwa Teknologi Semi Automated Offside akan digunakan di Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar mulai 21 November.

 

Alat ini menawarkan dukungan untuk melengkapi penggunaan VAR (Video Assistant Referee) untuk membantu mereka membuat keputusan off-side lebih cepat, lebih akurat dan keputusan.

 

Teknologi ini menggunakan kamera khusus yang ditempatkan di sekitar stadion untuk melacak hingga 29 bagian tubuh pemain yang berbeda. Kamera merekam 50 titik data pergerakan pemain per detik untuk menghitung posisi persisnya di lapangan pada saat tertentu.


Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022 : Qatar Keok, Austria Gagahi Italia


Kemudian 12 kamera lagi dipasang di atap stadion untuk mengikuti pergerakan bola. Kamera ini juga membantu menentukan apakah pemain penyerang berada di depan bek terakhir selama pertandingan.

Selain kamera, penggunaan teknologi ini juga akan didukung oleh Al Rihla, bola resmi Piala Dunia 2022 di Qatar. Pasalnya, bola ini dilengkapi sensor inersia yang membantu mendeteksi offside.

 

Sebuah sensor ditempatkan di tengah bola, yang mentransmisikan data bola ke ruang operasi video hingga 500 kali per detik. Artinya, poin kaki bisa terlihat secara akurat di pertandingan Kejuaraan Dunia ini.

Halaman:

Editor: Arif Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X