5 Jenis Mainan yang Mendukung Proses Belajar Anak dan Meningkatkan Kecerdasan

- Senin, 13 Maret 2023 | 13:00 WIB
Ilustrasi mainan anak (dok: Pexels)
Ilustrasi mainan anak (dok: Pexels)

Memiliki mainan yang banyak dan bervariasi tentu saja menyenangkan bagi anak-anak. Namun, tidak semua jenis mainan dapat memberikan manfaat yang sama untuk perkembangan anak. Sebagai orang tua, sangat penting untuk memilih mainan yang dapat mendukung proses belajar dan perkembangan anak secara optimal.

Menurut Indonesia Montessori, ada 5 jenis mainan yang sebaiknya wajib dimiliki anak di rumah karena dapat membantu mengasah kecerdasannya.

1. Flashcard 

Flashcard adalah kartu berisi gambar atau tulisan yang biasanya digunakan untuk membantu anak belajar berbicara, mengenal warna, bentuk, atau alat transportasi. Selain itu, flashcard juga membantu anak mengasah kemampuan menghafal dan mengenal lebih banyak kosa kata.

2. Puzzle 

Puzzle juga dapat membantu mengasah kecerdasan anak melalui berbagai tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan usia anak. Dengan bermain puzzle, anak akan terbiasa untuk berfikir secara logis dan menemukan solusi masalah.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Lakukan dengan 6 Gaya Hidup Sehat Berikut Ini!

3. Pretend Play

Pretend Play atau bermain peran yang juga memiliki banyak manfaat bagi kecerdasan emosional anak. Dengan bermain peran, anak dapat berlatih mengendalikan emosi dan memerankan karakter yang berbeda-beda.

4. Alat Musik

Alat Musik juga menjadi salah satu jenis mainan yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak, terutama dalam hal koordinasi indera dan sensitivitas telinga. Melalui bermain alat musik, anak juga dapat menemukan minatnya dalam bidang musik.

5. Building Block 

Building Block atau balok yang digunakan untuk membangun juga dapat membantu mengasah keterampilan motorik kasar dan halus anak. anak dapat belajar tentang koordinasi tangan dan mata serta berfikir secara logis untuk membangun struktur yang lebih rumit.

Baca Juga: ‚ÄčDapatkan Pinjaman hingga Rp 500 Juta, KUR BRI 2023 Dibuka, Ini Syarat, Suku Bunga!

Maka, bagi orang tua yang ingin memberikan mainan terbaik untuk anaknya, 5 jenis mainan tersebut sebaiknya menjadi pilihan utama. Dengan memiliki mainan yang tepat, bukan hanya menyenangkan tetapi juga dapat membantu anak mengasah kecerdasannya.***

Halaman:

Editor: Arif Budiman

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

X