Kebuntuan Politik Malaysia Berakhir, Anwar Ibrahim Dipastikan Jadi Perdana Menteri Malaysia

- Kamis, 24 November 2022 | 15:34 WIB
Anwar Ibrahim diangkat sebagai perdana menteri. Dia akan dinominasikan dan diambil sumpahnya pada pukul 17:00 waktu Malaysia. (Foto: SCMP)
Anwar Ibrahim diangkat sebagai perdana menteri. Dia akan dinominasikan dan diambil sumpahnya pada pukul 17:00 waktu Malaysia. (Foto: SCMP)

 

MojokertoNetwork - Pemilu Malaysia 2022 akhirnya berakhir setelah berhari-hari tanpa hasil yang jelas.

Anwar Ibrahim diangkat sebagai perdana menteri. Dia akan dilantik pada pukul 17:00 waktu Malaysia.

Raja mengatakan dia puas bahwa Anwar dan koalisi Pakatan Harapannya telah menerima cukup dukungan dari pejabat terpilih lainnya. Sekutu Anwar, Partai Aksi Demokratik, sebelumnya mencoba menumpas saingannya di Sarawak.

Baca Juga: Kebut Pembangunan IKN, Menkeu Proses Aset Negara

Raja Malaysia menggelar pertemuan khusus dengan kepala sembilan keluarga kerajaan pada Kamis (24/11), hari kelima kebuntuan politik pasca pemilu. Hasil pemilihan menyebabkan keputusan buntu, karena tidak ada partai yang mendapat 50 persen kursi mutlak.

Sebelumnya Pemerintah Malaysia pada Sabtu (19/11/2022), telah menyelenggarakan pemilihan umum, yang hasilnya koalisi Pakatan Harapan (PH) menjadi pemenang dengan meraih 82 kursi parlemen.

Disusul koalisi Perikatan Nasional (PN) dengan 73 kursi, koalisi Barisan Nasional (BN) 30 kursi, koalisi Gabungan Partai Serawak (GPS) 23 kursi, koalisi Gerakan Rakyat Sabah (GRS) enam kursi, Warisan tiga kursi, independen dua kursi, serta KDM dan PBM masing-masing satu kursi.

Baca Juga: Berniat Memilih 3 Calon Berujung Ricuh! Berikut Profil Kandidat Calon MUNAS HIPMI

Halaman:

Editor: Oky Dwi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X